');
Beranda » Blog » Sony Xperia Z2 VS Samsung Galaxy S5

Sony Xperia Z2 VS Samsung Galaxy S5

Diposting pada 19 March 2014 oleh wisnu / Dilihat: 133 kali
Melalui Mobile World Congress di Barcelona Spanyol ada dua phablet baru yang dipublikasikan, mereka adalah Sony Xperia Z2 dan Samsung Galaxy S5. Kedua phablet ini memiliki kedekatan kekuatan dan Anda perlu mengetahui beberapa hal mendasar dari keduanya sebelum mereka mendarat di Indonesia dan bisa membekali pengetahuan Anda sebelum memutuskan membelinya.

Desain Sony Xperia Z2 lebih besar dan lebih berat dari Samsung Galaxy S5, ini jelas akibat ukuran layarnya (5.2 vs 5.1) namun keduanya sama-sama tahan air dan debu. Sensor sidik jari tidak dimiliki Xperia X2. Badan Sony Xperia Z2 dibalut bahan rangka alumunium dan panel berbahan kaca. Sedangkan Samsung Galaxy S5 dengan sensor sidik jari, rangka berbahan material plastik. Alumunium umumnya lebih merepresentasikan kesan premium sedangkan plastik lebih sportif, Desain bentuk dan tombol fungsi Sony Xperia Z2 lebih sederhana dan Samsung Galaxy S5 membedakan dengan generasi sebelumnya melalui adanya ornament dot/ titik-titik pada bagian belakang badannya. Keduanya meminimalisasi dengan baik bingkai pinggir display agar layar tampak penuh.

Display

Soal layar keduanya beresolisi sama 1080 x 1920 pixels 16 juta warna, ini bisa jadi sangat menyesuaikan dengan selera Anda jika Anda paham perbedaaan antara teknologi layar IPS dan Super Amoled. Layar IPS memberi lebih luas sudut pandang terhadap layar dari sisi manapun tanpa mengurangi mutu gambar dan selain lebih tajam dominan putih juga lebih responsive. Super Amoled teknologinya lebih mahal dari IPS, memiliki kelebihan tampilan lembut/sejuk di mata, dominan hitam/gelap. Sony Xperia Z2 melengkapi keindahan layar HD nya dengan tambahan teknologi TRILUMINOS dan Live Color LED teknologi baru Sony dengan menambah fosfor merah dan hijau ke layar IPS LED demi memperluas gamut warna. Live Color LED meningkatkan kedalaman warna dan gradasi tanpa oversaturating. Dilengkapi pula teknologi X Reality mobil picture engine untuk reproduksi pixel, peningkatan teksture dan outline pada gambar, warna dan kontras lebih baik serta mereduksi noise / buram. Dikombinasi dengan kerapatan pixel 423ppi warna super tajam dan cerah. Samsung Galaxy S5 dengan Super Amoled kerapatan pixel nya 432ppi, lebih tinggi dari Xperia Z2, tapi Samsung tidak menambahkan teknologi lain untuk kesempurnaan mutu layarnyaseperti yang dilakukan Sony. Display Galaxy S5 dilindungi Corning Gorila Glass level 3 sedangkan Xperia Z2 tanpa menggunakan merek pelindung display sama tapi sudah memiliki pelindung bawaan anti pecah dan anti gores.

Jika Anda menginginkan tampilan layar dengan reproduksi warna lebih realis, tajam dan gambar detil/jelas maka Xperia Z2 pilihan terbaik, tapi jika Anda memerlukan tampilan layar cerah adem di mata pilihlah Samsung Galaxy S5. Menurut kami Sony dengan segudang pengalaman dalam teknologi TV dan video jelas lebih unggul dalam urusan tampilan pada display.

Performa

Xperia Z2 dengan baterai 3200 mAh. Galaxy S5 dengan 2800 mAh. Batarai Xpria Z2 lebih mumpuni ini memang harus untuk mendukung performa teknologi layarnya walau hanya beda sedikit ukuran layar dengan Galaxy S5 tapi jelas lebih baik baterai Xperia Z2 untuk peforma keseluruhan. Kedua phablet ini memiliki aplikasi manajemen baterai. Keunikan ditemui pada dapur prosesor, keduanya dengan grafik prosesor sama Adreno 330, di mana Xperia Z2 memiliki CPU Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 Advance Quad Core 2.3Ghz. Tapi Samsung Galaxy S5 didukung oleh CPU Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz. Kedua prosesor Qualcomm ini adalah yang terbaru dan sempat menjadi perdebatan tentangnya. Ternyata Qualcomm MSM8974AC adalah versi yang lebih baru dari keluarga Snapdragon 800, Galaxy S5 boleh berbangga. Qualcomm MSM8974AB pada Xperia Z2 diklaim memberikan efek 22% lebih cepat mendukung kinerja grafik dan memberikan 16.5% lebih tinggi memory badwith. Masing-masingpun berkemampuan LTE/4G. Grafik prosesor Adreno 330 mampu memberi sampai 20% performa garis dan visual yang lebih baik. Prosesor tersebut dipastikan memberi kecepatan dan daya maksimum, menjalankan beberapa aplikasi simultan, browsing lebih cepat, memutar video tanpa terputus, 3D games lebih maju dalam visual kesemuanya dengan konsumsi daya baterai yang hemat. RAM Xperia Z2 lebih unggul di 3GB dibanding Galaxy 5 yang 2GB, sedangkan daya simpan internal lebih bervariasi pada Galaxy S5. 16 dan 32GB, juga unggul di eksternal sampai 128GB sedangkan Xperia Z2 hanya tersedia varian internal 16GB dan eksternal 64GB.

Kamera

Kalau kita bicara soal kamera ponsel, sekali lagi soal lagenda teknologi bidang ini masih sama dengan teknologi layar dan video, tetap dipegang oleh Sony. Kamera Galaxy S5 hanya berkekuatan 16MP dan 2MP. Walau kedua kamera phablet ini mampu merekam video berkualitas 4K namun Galaxy S5 tidak dilengkapi teknologi-teknologi tambahan yang menggetarkan untuk kameranya. Xperia Z2 unggul dengan kemera 20.7MP dan 2.2MP yang mana kamera utamanya dilengkapi teknologi image sensor Exmor RS, juga dilengkapi teknologi G Lens yang telah memenangkan beberapa penghargaan dan teknologi BIONZ untuk mobile image-processing engine nya menghasilkan gambar-gambar pemotretan lebih realis dengan detil yang jelas, Hasil rekam video kualitas 4K dari kedua phablet ini hanya dapat ditamplkan sebatas resolusi maksimal layar yang dimiliki keduanya (1.080p). Jika ingin menampilkan rekaman 4K hanya dengan cara mengkoneksikan phablet ke TV digital beresolusi 4K.

Perangkat Lunak

Android KitKat 4.4.2 sebagai sistem operasi (OS) untuk Xperia Z2 dan Galaxy S5, sumber daya yang kaya akan aplikasi-aplikasi android versi tebaru dan tentunya juga sangat maju. Perbedaan adalah adanya user interface yang menyelimuti Galaxy S5 yaitu TouchWiz UI. Namun UI dari Samsung ini karena kepopuleran Samsung Galaxy, masih dianggap cukup familiar buat pengguna dan tidak memakan daya atau lambat dalam kinerjanya.

Fitur Lainya

Fitur unik Samsung Galaxy S5 adalah dalam hal kesehatan dengan adanya -Heart Rate Sensor- kemampuan monitor detak jantung manusia (peningkatan dari fitur S Health) melalui LED flash kameranya yang berguna untuk memonitor kesehatan tubuh. Galaxy S5 kameranya memiliki kecepatan auto focus pemotretan 0.3 detik yang diklaim sebagai tercepat di dunia saat ini untuk kecepatan auto focus kamera ponsel. Adanya pemindai sidik jari untuk keamanan phablet dan dapat berfungsi sebagai otorisasi transaksi pembayaran online (saat ini Galaxy S5 berkolaborasi dengan media pembayaran online PayPal dan masih ada kemungkinan terus berkembang), teknologi ini bukan yang pertama karena Apple iPhone 5S telah megenalkan terlebih dulu. Juga adanya fitur foto -Selective Focus- sama dengan di Xperia Z2 -Background Defocus- ini pun sebenarnya bukan barang baru karena HTC One telah lama memulainya. Fitur ini memungkinkan Anda memilih objek tertentu di foto dengan membuat efek di belakang objek tersebut tampak buram dan objek yang dipilh tampak lebih difokuskan. Galaxy S5 dilengkapi pula Download Booster memberikan peningkatan 80-90% akselerasi download dengan mengaktifkan bersamaan LTE dan WiFi. Adapula teknologi Wi-Fi 2×2 Multiple Input Multiple Output (MIMO) dengan menggunakan dua antenna internal untuk Wi-Fi yang lebih cepat. Kedua phablet menggunakan teknologi sama WiFi generasi ke lima Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac. Xperia Z2 unggul untuk fitur-fitur audio: teknologi Clear Audio+ (Clear Stereo, Clear Bass, Clear Phase) meminimalkan distorsi member keseimbangan dan kejernihan audio, secara otomatis memilih pengaturan audio terbaik, juga xLoud teknologi audio filter yang memukau.

Kesimpulan

Sony Xperia Z2 menjadi yang terbaik dalam urusan kamera utama, display dan audio. Bahan alumunium nya adalah pilihan khas tipe gadgets premium sedangkan desain dan bahan plastik Galaxy S5 tampak lebih memberi kesan sportif dari pada premium. Walau prosesor berbeda tapi tetap prosesor terbaru dengan performa tinggi dan Galaxy S5 menggunakan prosesor paling baru dari keluarga Snapdragon 800, rencananyapun Galaxy S5 akan menggunakan varian prosesor bawaan Samsung : Exynos 5 octa core. Seri Exynos adalah SoC(System On Chip) berbasis ARM dari Samsung. Koneksi WiFi kedua phablet menggunakan teknologi terkini dan bedanya Galaxy S5 menambahkan fitur Download Booster dan MIMO (Multiple Input Multiple Output) menggunakan dua antenna internal untuk Wi-Fi yang lebih menjanjikan akselerasi. Untuk teknologi pemindai sidik jari dan ketahanan terhadap air dan debu pada Galaxy S5 bukanlah hal baru, jadi tampak biasa saja. Baiklah, sekarang berapa harga pantas kedua phablet ini nantinya untuk Indonesia ? Sebaiknya di bawah Rp 7 jutaan karena trend gadgets canggih tidak harus mahal terus bergulir.

Z2 VS S5

Bagikan ke

Sony Xperia Z2 VS Samsung Galaxy S5

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Asiasat segera siaran UHD 4K
16 June 2015

Sudah siapkah anda dengan siaran UHD yang sebentar lagi disiarkan FTA oleh pihak Asiasat ? Awal bulan ini Asiasat mengumumkan sudah siap untuk menjalankan siaran UHD dan ini merupakan kabar bagus untuk anda yang memiliki perangkat yang support UHD. Untuk mewujudkan siaran UHD di Asia, Asia Satellite Telecommunications Co. Ltd. akan menyiarkan menggunakan transponder C-Band… selengkapnya

Topas TV siarkan Piala Dunia U – 17
9 October 2015

Event Piala Dunia U-17 telah siap dimulai, dari tanggal 18 Oktober hingga 9 November 2015, yang akan dilangsungkan di Cile. Sebanyak 24 negara akan ambil bagian dalam kompetisi paling bergengsi untuk kategori usia belia tersebut, dan mereka dibagi menjadi enam grup untuk nisa berkompetisi mencapai Juara Dunia. Siaran LIVE akan bisa disaksikan di TV Berbayar… selengkapnya

Ninmedia manjakan pemirsa dengan Channel TV Gratis
26 February 2016

Ninmedia (sebelumnya Smart Vision), melakukan terobosan baru dalam pemasaran content & siarannya, dengan memberikan “Siaran Gratis” untuk semua channel Ninmedia, yang saat ini bisa dinikmati di Satelit Chinasat 11. Siaran ninmedia bisa dinikmati dengan parabola/dish kecil KuBand dan Receiver minimal teknologi Mpeg4, tanpa dikenakan biaya bulanan ataupun voucher bulanan, sehingga pemirsa bisa menikmati tayangan semuanya… selengkapnya

Channel TV5 Monde (Perancis) dilarang tayang di TV Berlangganan
29 May 2015

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat bereaksi terhadap kanal TV5MONDE Asie di TV berbayar alias Pay TV. Soalnya, menurut pemantauan KPI, TV5MONDE Asie menampilkan secara eksplisit bagian-bagian tubuh tertentu, seperti payudara, bokong, dan alat kelamin wanita. Hal tersebut bertentangan dengan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) KPI Tahun 2012 dan menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat…. selengkapnya

Hak Siar Piala Dunia U20 Argentina 2023 di Indonesia
28 April 2023

Pertandingan akbar Piala Dunia U-20 2023 akhirnya resmi kembali memiliki tuan rumah usai  Indonesia gagal menyelengerakan event ini.  FIFA menunjuk Argentina sebagai penyelenggara dan sekaligus peserta Piala Dunia U20 “FIFA dengan senang hati mengumumkan Piala Dunia FIFA U-20 edisi tahun ini akan berlangsung di Argentina, sebagai rumah bagi para juara dunia yang membuka pintunya bagi para superstar… selengkapnya

Siaran Bulutangkis Piala Sudirman 2023
3 May 2023

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis beregu campuran yang diselenggarakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini dinamai sesuai dengan Dick Sudirman, mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang juga pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kejuaraan Piala Sudirman tahun 2023 akan diselenggarakan di Kota Suzhou, Provinsi… selengkapnya

Android TV Box dengan Streaming Channel TV Premium dan Indonesia
3 November 2020

Dengan semakin banyaknya pilihan Acara Siaran yang menarik di Media Online, dengan adanya Siaran Hiburan , Film dan Olahraga yang Exclusive hanya bisa dinikmati di Media Online maka Tren Android TV Box kian dilirik di pasar Indonesia. Android TV Box memungkinkan untuk menikmati berbagai aplikasi di gadget seperti YouTube, OTT platform, media sosial serta berbagai… selengkapnya

Channel SBS In Korea di Transvision
19 March 2019

TV Berlangganan Transvision resmi ditunjuk menjadi satu-satunya TV berlangganan di Indonesia yang memiliki hak untuk mendistribusikan channel SBS-In, konten premium Korea milik SBS. SBS adalah Grup Media nomor 1 di Korea. Didirikan pada tahun 1990, SBS sekarang merupakan TV terestrial swasta dengan jaringan nasional terbesar di Korea Selatan. Channel SBS-In menyiarkan beragam konten hiburan, drama… selengkapnya

Transmedia siarkan Piala Dunia 2018
15 December 2017

Piala Dunia 2018 di Rusia tinggal beberapa bulan lagi, dan malam ini (15/11/2017) dipastikan akan kembali bisa dinikmati pecinta bola di Indonesia. Transmedia (yaitu Trans 7, Trans TV dan Transvision) telah mendapatkan hak siar dan siap dinikmati di seluruh Indonesia. Informasi resmi bahwa Trans Media mendapatkan hak siar Piala Dunia 2018 diutarakan langsung oleh Pimpinan… selengkapnya

HBO Channel Raih 15 Nominasi di Golden Globe Awards 2015
12 December 2014

Channel khusus Film HBO meraih 15 nominasi pada ajang tahunan Golden Globe Awards ke-72, yang diumumkan di Los Angeles, Kamis (11/12) waktu setempat. HBO kembali mempertahankan reputasinya selama 14 tahun berturut-turut untuk jaringan televisi yang meraih nominasi terbanyak. Penyumbang nominasi terbanyak berasal dari serial ‘True Detective’ yang meraih empat nominasi. Serial yang dibintangi Matthew McConaughey… selengkapnya

Sony Xperia Z2 VS Samsung Galaxy S5

Tutup Sidebar
Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk bisa chat dengan Admin Sales di Parabolaku

CS 1 Parabolaku
● online
CS 1 Parabolaku
● online
Halo, perkenalkan saya CS 1 Parabolaku
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja